earth bending - water bending - fire bending - wind bending

7.25.2008

power

. 7.25.2008

Kamis, 12 Januari 2006
Denmark Bangun Listrik Angin diAceh www.acehrecoveriforum.org Pemerintah Denmark akan membangun sumber listrik tenaga angin untuk masyarakat Aceh. Demikian ungkap Duta Besar Kerajaan Denmark untuk Indonesia, Niels Erik Andersen kepada Ketua Badan Pekerja Aceh Recovery Forum Ahmad Humam Hamid di Banda Aceh (5/1). "Penelitian tentang potensi energi angin tersebut akan dimulai Senin pekan depan bekerjasama dengan BRR," ungkap Humam Hamid.
Selain itu, Pemerintah Denmark juga akan memberi bantuan 30 juta dolar AS selama tiga tahun untuk proyek-proyek peningkatan kualitas lingkungan hidup di Aceh, khususnya pelestarian hutan. Paket bantuan ini merupakan ta mbahan dari bantuan pemerintah Denmark yang dialokasikan melalui Multi Donor Trust Fund (MDTF). " Mereka tidak menjelaskan di mana dan berapa listrik angin yang dibangun," terang Human kepada ARF News.
Selain mengunjungi pejabat Pemda dan BRR, Niels juga mengunjungi LSM-LSM mitra kerjanya di Aceh termasuk Aceh Recovery Forum. Kunjungan pertama selama dua hari di Banda Aceh memberikan kesan yang sangat mendalam baginya, khususnya perdamaian. "Saya merasa optimis terhadap proses perdamaian yang telah berlangsung di Aceh," kutip Humam terhadap pernyataan Erik.
Negara Denmark terkenal dengan kemampuannya mengolah sumber daya energi angin dan gelombang air sehingga terbebas dari tekanan kenaikan harga minyak yang harganya semakin melambung akhir-akhir ini. Berangkat dari latar belakang ini, Pemerintah Denmark ingin membantu masyarakat Aceh yang memiliki potensi sumber daya alam selain migas yang sangat besar. (JP)

Pesona Energi Angin

Filed under: Indonesia — www.estananto.wordpress.com @ 11:34 pm

Dalam posting saya yang lalu, saya hanya menyalin sebuah diskusi di mailing list alumni ITB. Di dalam diskusi itu dibahas bahwa seorang pengusaha alumni ITB, bapak Hasan Hambali, telah mengimplementasikan kincir angin sebagai sumber energi irigasi para petani. Inisiatif itu bisa dilihat di situs ini.

Dampak penghematan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang didapat dari pengoperasian kincir angin secara kuantitatif memang belum dipresentasikan. Tetapi dapat diperkirakan bahwa penghematan signifikan akan dicapai manakala operasi kincir angin bisa berlangsung selama mungkin. Dalam spesifikasi kincir angin EGRA ini, kincir angin akan beroperasi jika kecepatan angin minimal 10 km/jam dan maksimal 50 km/jam. Daya yang dihasilkan maksimal mulai dari 1000 Watt hingga 5000 Watt. Ini kira-kira mempunyai spesifikasi yang sedikit lebih baik dari satu kincir angin produksi Jerman yang sekelas, misalnya seperti ini. Di Jerman industri kincir angin memberi pekerjaan 170.000 tenaga kerja, dan di tahun 2020 jumlahnya diperkirakan menjadi 300.000 tenaga kerja. Sebuah jumlah yang tidak sedikit.

Selain untuk keperluan memompa air, kincir angin di Jerman juga digunakan untuk membangkitkan listrik. Kebanyakan pembangkit listrik ini berlokasi di pantai di mana kecepatan angin boleh lebih kencang daripada di daratan. 4,3% atau 26,5 TWh energi listrik Jerman dihasilkan dari energi angin. Lebih lanjut tentang energi terbarukan di Jerman boleh dilihat di sini.

December 31, 2003

Energi Angin

Filed under: Indonesia — estananto @ 10:54 pm

Salah satu sumber energi pengganti disel yang
berlimpah di daerah pantura adalah angin. Kincir angin dengan
konstruksi yang sederhana dan sumber energi angin yang berlimpah
dapat memberikan kontribusi pemecahan masalah peningkatan
produktivitas lahan pertanian melalui sisytem sirkulasi penyiraman
yang ramah lingkungan.
Angin yang bertiup akan menggerakan baling-baling kincir kemudian
tenaga yang tertangkap oleh baling-baling kincir digunakan untuk
menggerakan piston pengungkit pompa air.

Negar-negara besar seperti Amerika, Australia, dan negara-negara
Eropa yang income percapita-nya sudah di atas US$ 20,000 per tahun
menggunakan energi angin untuk mengairi ladang-ladang gandum dan
perkebunannya sampai saat ini. Indonesia yang income percapita-nya
masih berkisar di sekitar US$ 700 menggunakan BBM untuk mengairi
sawah dan perkebunannya. Hal ini sangat timpang dan ironis sehingga
sudah saatnya bangsa Indonesia untuk kembali ke basic dan
menggunakan sumber daya yang ada untuk menyelamatkan generasi yang
akan datang.

== Energi angin ===

{{Utama|Tenaga angin}}

Karena matahari memanaskan permukaan bumi secara tidak merata, maka terbentuklah angin. Energi kinetik dari angin dapat digunakan untuk menjalankan [[turbin angin]], beberapa mampu memproduksi tenaga 5 MW. Tenaga keluaran adalah fungsi kubus dari kecepatan angin, maka turbin tersebut paling tidak membutuhkan angin dalam kisaran 5,5 m/d (20 km/j), dan dalam praktek sangat sedikit wilayah yang memiliki angin yang bertiup terus menerus. Namun begitu di daerah pesisir atau daerah di ketinggian, tersedia angin yang cukup konstan.

Pada [[2005]] telah ada ribuan turbin angin yang beroperasi di beberapa bagian dunia, dengan perusahaan "utility" memiliki kapasitas total lebih dari 47.317MW [http://www.ewea.org/documents/Thefacts_Summary.pdf]. Kapasitas merupakan output maksimum yang memungkinkan dan tidak menghitung "load factor".

Ladang angin baru dan taman angin lepas pantai telah direncanakan dan dibuat di seluruh dunia. Ini merupakan cara penyediaan listrik yang tumbuh dengan cepat di [[abad ke-21]] dan menyediakan tambahan bagi stasiun pembangkit listrik utama. Kebanyakan turbin yang digunakan menghasilkan listrik sekitar 25% dari waktu (load factor 25%), tetapi beberapa mencapai 35%. Load factor biasanya lebih tinggi pada musim dingin. Ini berarti bahwa turbin 5MW dapat memiliki output rata-rata 1,7MW dalam kasus terbaik.

(wikipedia.org/w/index.php?)

MAY.2007 kincir.net

Turbin angin merupakan energi alternatif yang cocok dikembangkan di berbagai tempat di Indonesia.

Sebagai sumber energi terbarukan, energi angin memberikan beragam pemanfaatan, diantaranya :

- listrik pedesaan/ daerah tertinggal

- pompa air untuk irigasi mikro

- pengolahan air baku daerah terpencil

- aerator tambak/ budidaya rumput laut

- pabrik es balok untuk nelayan

Wind Turbine Indonesia

memberikan layanan solusi total bagi pemanfaatan turbin angin di Indonesia. Didukung dengan sumber daya yang memadai, kami siap memberikan layanan riset studi , produksi, hingga investasi di bidang ini.

0 komentar:

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Distributed by Blogger Templates