earth bending - water bending - fire bending - wind bending

8.11.2008

ma,anil hadits

. 8.11.2008

1. Terjemahan Hadits dan

2. Mahfhum al-Matn

a). Ayat 1

1. Mewartakan kepada kami Abdullah bin yusuf Khubairy; mewartakan kepada kami Hammad bin ‘Isa, mewartakan kepada kami Musa bin Ubaidah memberitahukan kepadaku qasim bin mihran dari ‘imran bin husain, dia berkata; Rasulullah SAW bersabda “sesungguhanya Allah sangat menyukai hambanya yang mukmin lagi fakir tetapi menjaga kehormatan diri lagi dia mencukupi kebutuhan keluarganya” (H.R. Ibnu Majah).

2. Dari Hadits diatas dapat disimpulkan bahwa : Allah sangat mencintai hamba-hambanya yang beriman yang fakir tetapi menjaga harga diri atau kehormatannya seperti tidak meminta-minta dan pantang menjadi beban bagi orang lain dan lain-lain, serta bertanggung jawab atas keluarganya tidak menelantarkan mereka.

b). Ayat 2

1. Mewartakan kepada kami Muhammad bin Yahya; mewartakan kepada kami Ma’mar, dari Zaid bin Aslam, dari ‘Atha bin Yasar dari Abu Said al Khudry, dia berkata Rasulullah SAW bersabda ” tidak halal zakat bagi orang yang kaya atau kecukupan, kecuali lima orang: bagi pemungutnya, atau orang yang berperang di jalan Allah, atau bagi orang yang membelinya (zakat tersebut) dengan uangnya, atau bagi orang kaya yang diberi hadiah orang miskin dari zakat yang diberikan kepadanya, atau bagi orang yang berhutang” (H.R. Ibnu Majah).

2. Dari Hadits diatas dapat disimpulkan bahwa : tidak berhak menerima zakat bagi orang kaya kecuali lima orang kaya yaitu

- Amil (orang yang mengambil zakat)

- Orang yang berperang dijalan Allah

- Orang kaya yang membeli sedekah (zakat tersebut)

- Orang miskin yang menerima sedekah kemudian ia menghadiahkan kepada orang kaya. Orang kaya boleh menerima sedekah itu

- Orang kaya yang memiliki hutang

0 komentar:

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Distributed by Blogger Templates