earth bending - water bending - fire bending - wind bending

8.04.2008

read " Tafsir Hadits "

. 8.04.2008

Tafsir Hadist

Konsentrasi Tafsir dan Hadis :
A. Kompetensi Lulusan
a. Menguasai substansi ilmu tafsir dan hadis.
b. Menguasai/mendalami berbagai teori dan metodologi tafsir dan hadis serta mampu menganalisis ayat-ayat al-Qur’an dan hadis secara kontekstual
c. Menguasai ilmu-ilmu pendukung untuk mengembangkan penafsiran ayat-ayat al Qur’an dan pemahaman hadis.
d. Mempunyai kemampuan untuk mengkaji dan mengembangkan ilmu-ilmu tafsir dan hadis dalam spektrum yang lebih luas.

B. Mata Kuliah

Mata Kuliah Jumlah SKS
I. Mata Kuliah Wajib Pokok (MKWP)
1. Ulumul Qur’an
2. Ulumul Hadis
3. Sejarah Pemikiran dalam Islam
4. Sejarah dan Peradaban Islam

II. Mata Kuliah Wajib Konsentrasi (MKK)
1. Metodologi Tafsir
2. Metode Kritik Hadis
3. Manhaj al-Muhaddisin
4. Manhaj al-Mufassirin
5. Tafsir
6. Fiqh al-Hadis
7. Hadis
8. Metodologi Penelitian Tafsir/Hadis

III. Mata Kuliah Lintas Disiplin (MKLD)
1. Filsafat Ilmu
2. Bahasa Indonesia

IV. Kemampuan Bahasa Asing
1. TOAFL (Arab) : 425
2. TOEFL (Inggris) : 425
V. Tesis
Jumlah Sks yang dipenuhi 42 sks


IAIN TAHUN 2008

Mengawali Tahun 2008 ini, civitas akademika IAIN Ar-Raniry sudah dapat sedikit bergembira hati dengan selesainya pemasangan jaringan Internet di 7 titik dalam kampus IAIN Ar-Raniry, yakni Pusat Komputer/Perpustakaan (Sentral), Biro Rektor, Fakultas Adab/Dakwah, Program Pascasarjana, Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Syari'ah. Di tujuh titik inilah internet dapat diakses dengan menggunakan Access Point (wireless). Bagi Anda yang mempunyai Laptop dan komputer PC yang memiliki Wireless, silahkan menggunakan Internet secara gratis (tanpa password).

Penggunaan internet secara gratis ini kami upayakan semaksimal mungkin bisa terkoneksi dengan baik. Memang harus diakui bahwa sewa jaringan yang harus dibayar ke pihak penyedia internet (provider) masih tergolong mahal, namun untuk sementara kami tetap berupaya melayani secara gratis. Hal ini kami upayakan untuk mengetahui sejauhmana kebutuhan akademisi terhadap teknologi informasi yang dapat diambil atau diakses melalui media internet.

Dalam perjalanan waktu, seandainya nanti terlihat daya akses internet sangat lambat karena digunakan secara merata (termasuk di luar komunitas IAIN), maka kita akan memberikan password kepada pengguna IAIN saja. Bagi yang tidak memiliki password tentu saja hanya dapat signal, tapi tidak bisa terkoneksi ke Internet. Hal ini kita lakukan untuk mengantisipasi sulitnya akses internet di kampus kita.

Mengingat jaringan internet ini masih dalam masa uji coba, kami mohon maaf kepada pengguna kalau terkadang koneksi belum lancar, namun ke depan kita terus memperbaiki kualitas penerimaan internet ke arah yang lebih baik.

Satu hal yang ingin kami tekankan di sini bahwa, apapun yang anda lakukan di internet itu adalah hak anda, namun yang perlu digaris bawahi, jaringan internet ini adalah milik IAIN yang tentu saja penggunaannya harus disesuaikan dengan visi dan misi IAIN Ar-Raniry di mana salah satunya meningkatkan kualitas civitas akademika yang beriman dan bertaqwa. Oleh karenanya, jika Anda orang yang beriman dan bertaqwa, silahkan menggunakan sarana internet untuk hal-hal yang positif saja dan menunjang kecerdasan spiritual Anda (bukan untuk hal-hal yang bernuansa pornografi).

0 komentar:

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Distributed by Blogger Templates