earth bending - water bending - fire bending - wind bending

8.14.2008

way of live

. 8.14.2008

Al-Quran sebagai ”Way of Life”

Rasa-rasanya, Al-Quran sebagai pedoman hidup sudah tidak perlu kita perdebatkan lagi. Yang layak kita perdebatkan adalah apakah kita benar-benar menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup kita dalam kehidupan sehari-hari kita? Di tengah banjir bandang informasi yang sulit kita cegah, ada baiknya kita merenung sejenak. Sering kita malah lebih banyak disibukkan untuk menolak atau mempermasalahkan informasi yang menyerbu diri kita dan kadang-kadang kita lupa untuk mengisi diri kita, secara kontinu dan konsisten, dengan informasi yang benar yang bersumberkan pada Al-Quran.
Dalam usianya yang ke-25 tahun, Kelompok Mizan telah menghadirkan beragam buku tentang Al-Quran. Bahkan pada tahun 2008 ini, telah hadir dua “bentuk” Kitab Suci Al-Quran yang diproduksi oleh Penerbit Mizan. Yang satu bernama “Al-Bayan”, dan yang satunya lagi bernama “Al-Mizan”. Untuk Kitab Suci Al-Quran bernama ”Al-Bayan”, selain telah ditashih oleh Departemen Agama RI, Al-Quran ini menggunakan khat dengan tingkat keterbacaan yang tinggi, menggunakan garis bantu antar baris, menggunakan kertas yang berkualitas tinggi dan awet, dan cetakannya terdiri atas dua warna.
Sementara itu untuk Kitab Suci Al-Quran bernama ”Al-Mizan”, selain telah ditashih oleh Departemen Agama RI, juga menggunakan terjemahan Depag yang terbaru. Kelebihan lainnya adalah menggunakan khat Madinah, menyertakan transliterasi latin yang membantu pembacaan, menggunakan garis bantu antar ayat, tata letak isi yang nyaman-guna (user friendly), tampil dalam dua warna, dan disertai bonus cantik berupa buku saku pengetahuan ringkas seputar Al-Quran, adab membaca Al-Quran, doa sehari-hari, dan Al-Matsurat.
Kemudian, untuk anak-anak hadir Quranku Sahabatku: Penejelasan Makna Surah-Surah Pendek dalam Al-Quran karya Prof. Dr. H. Afif Muhammad, M.A. Buku ini merupakan edisi baru atas buku yang sama yang sebelumnya tampil dalam edisi biasa. Kini, edisi baru ini dikemas full color dan luks. Jika dahulu terdiri dari banyak jilid, kini hanya empat jilid. Quranku Sahabatku berisi surah-surah pendek pilihan yang dijelaskan secara sederhana, membumi, dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Di samping itu, kelebihan lain Quranku Sahabatku adalah diperkuat dengan cerita dan ilustrasi yang menarik serta diperkaya dengan komik sebagai media menyampaikan kisah-kisah.
Buku lain yang tak kalah menarik adalah Indeks Al-Quran: Panduan Mudah Mencari Ayat dan Kata dalam Al-Quran karya Dr. Azharuddin Sahil, pakar pengajaran Al-Quran. Indeks Al-Quran ini merupakan peranti navigasi bagi para pecinta Al-Quran untuk menelusuri keluasan dan keragaman tema-tema dalam Al-Quran. Indeks ini disusun dan dikemas menyerupai Al-Mu’jam Al-Muhfaras, sebuah indeks Al-Quran terlengkap yang paling banyak dipakai oleh umat Islam di seluruh dunia. Dengan menampilkan terjemahan Al-Quran lengkap dengan nomor surah dan ayat, pembaca yang tidak mengerti bahasa Arab pun dapat dengan mudah mencari ayat-ayat dan kata-kata dalam Al-Quran yang dikehendaki.[]

0 komentar:

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Distributed by Blogger Templates