earth bending - water bending - fire bending - wind bending

10.05.2009

MiskaWeb (tulisan kaacaua yg belum ter-edit) do not copy

. 10.05.2009


inilah tulisan pertama yang saya pikirkan untuk saya posting di web ujicoba saya (miska web)..dan saya akan coba memposting dulu di blogger tentunya.
saya tidak ingin menjadi plagiat, dan saya yakin umumnya kawan-kawan di dunia lain juga berpikiran hal yg sama
cuma karena keterbatasan waktu, susahnya merangkai kata-kata karena pembodohan bahasa oleh zaman sekarang
sangat mengkhwatirkan; media sembrawut (saya tidak katakan semuanya), lagu-lagu aneh (aneh kata-katanya),
cerita dan sinetron serta cakapan sehari-hari yang
makin hari-makin berkembang serta jauh meninggalkan kaedah-kaedah bahasa ilmiah/ filologi . my be masih
ada cara yang dipikirkan efektif oleh sastrawan yaitu sayembara menulis ilmiah, menulis buku-buku dan sebagainya.
makanya sampai sekarang masih terselamatkan. tapi suatu hari nanti bukan tidak mungkin penulisan skripsipun
tidak akan seilmiah sekarang jika tidak sama-sama dijaga.kata menariknya semua hal didunia ini akan binasa yang
membedakan hanya bagaimana kita melestarikan dan menjaganya. itulah yang akan menjadikan lama dan awetnya; contoh
nya; fir'aun, tokoh dunia yang berpengaruh/berjasa dll. semua dikenang baik fisik maupun metafisik
di dunia juga sama terus bergeser, ada dan tiada, seprti halnya benua, begitu juga tumbuhan dan juga binatang.
baiklah mari kita membaca sebuah kata-kata yang sudah sangat lama saya pikirkan untuk disampaikan cuma
menunggu waktu yang tepat saja. dan anehnya tulisan ini saya sisipkan didalam sebuah pengalaman lain yang tidak
ada hubunganya dengan hal yang ingin saya sampaikan. kesempatan ini juga unik karena ada kawan yang berbeda
keyakinan/ agama atau faham yang kami anut atau semua latar belakang...walau ada sedikit kesamaan..
jadi ini saya rasa waktu yang tepat merangkai kata-kata yang perlu saya sampaikan dan saya komparasi dengan
pembicaraan dengan seorang kenalan..kenalan seorang teman..dan teman yang akan atau mudah--mudahan menjadi teman
kepalsuan atau asli menurut pembaca. memang error bacaan ini alasannya dari awal sudah jelas saya barulah penulis
coba-coba/ pemula yang kurang sekali mendengar atau membaca/memahami ilmu asli bukan palsu.
sekarang mari ketopik pembicaraan..boleh dibaca berulang dan saya awali dengan catatan yang saya sinergikan dengan hal
yang ingin saya tulis dari waktu dulu; kalau tidak ada waktu berlama-lama dalam membaca; bacalah tulisan yang dimulai dari catatan dari bawah page
untuk menunjukkan grafik dan cara berpikir saya/alam bawah sadar/persimpangan takdir/jurang yang dalam dimulai untuk
menanjak.
aku tertegun dengan prinsip temanku ..mungkin hanya seorang teman atau hanya seorang kenalan saja..
juga aku tak tau menyebutnya sebagai siapa
tapin satu hal ingin aku ceritakan di blog pribadiku ini; dia sering berkata
hiduplah di dunia ini walau kamu menderita tapi biarkan orang lain bahagia..tersenyum di bibirnya tanda
asa yang penuh thariya (bias makna).dia juga berjuang laksana seorang kakak yg bertanggung jawab; jika kita menderita
jangan biarkan adik kita/my family merasakan jua; walau terbayang keindahan yang tak realistis tapi itulah prinsip.
dia juga mengulang kata-kata; hidup ini simple; hasilnya yang perlu; berbuatlah sesuai dengan yang dikatakan my be inilah kata-
kata terakhir yg paling sering orang mengingatkan' aku tau aku berbeda cara memahami hidup ini
aku juga tau dia tak pantas mengatakan itu padaku, aku juga tahu kalau dia tak memahami dan mengenalku.
karena aku hanya mengenalkan padanya kepalsuan akan wujudku; sama seperti orang-orang kebanyakan yang bermuka dua
atau hanya objek yang sedang direncanakan..tapi anehnya kata-kata itu keluar dari orang yang berbeda jauh
keyakinannya dengan aku; saya bukannya sombong ' karena menulis [bukan sombong/aku]' = sama saja sombong
tapi juga bukan menafikan; yang ingin saya katakan prinsipnya sangat bagus daripada saya/ walau jika saya bandingkan
dengan ilmu saya yg dibawah standar; kata-kata itu keluar dari orang yang tak empati dalam hakikat ilmu, tak sadar akan
kebijaksanaan; tak tau apa itu nilai dan budaya
namun wajahnya begitu menyatakan akan apa yg diucapkan..cuma disayangkan juga dia menceritakan kepada orang yang
salah; makanya saya ingin menulis kembali cakapan ini. bagi saya sangat susah mengenali seseorang apalagi
hidup di zaman 2009 dan kedepannya penuh dengan keaslian yang membingunkan.saya tak perlu menyebutkan satu persatu
karena jika saya tulis disini takkan semua akan mampu saya sebutkan. tapi saya yakin pembaca juga mengalami sendiri hal ini
sadar atau tidak. kenapa saya katakan bercerita pada orang yang salah karena saya telah buta, saya telah tuli dan saya
juga telah jauh kedunia tanpa musim, kota tanpa airmata dan hidup dalam siksa kebahagiaan. saya tak punya hati dan saya
telah menutup rapat-rapat ruang keindahan dan rasa. itulah kata2 palsu yang pantas bagi saya.
ada hal yang ingin saya simpulkan bahwasanya hidup memang pilihan dalam islam ini dalil (menarik untuk dikaji)
dalam agama lain dan juga filosofisnya semua faham setuju "hidup adalah pilihan"; bahkan orang yang tidak bertuhan
pun juga mengatakan hidup adalah pilihan/ orang arab juga mengatakan 'al ihtiaru wajibun'; memilih itu wajib.
laksana seseorang yang membuat api unggun lalu tangannya dimasukkan ke api tersebut lalu dia tetap mendiamkan
tangannya di api atau menariknya dengan cepat-ceapa/ refleks (stimulus-respon. itulah pilihan..pilihan bertuhan
atau tidak, kebanyakan orang dunia percaya bahwa tuhan (zat yang maha kuasa/maha suci/maha tinggi)
itu ada dengan alasan tidak mungkin segala sesuatu terjadi begitu saja. ada juga yang berpendapat berbeda
bahwa manusia berasal dari makhluk hidup, makhluk hidup berasal dari apa ya ? sebuah limit bagi saya.
saya tulis saja disini makhluk hidup terjadi dengan sendirinya..memang tidak logika cuma ada beberapa riset
walau tidak membuktikan segalanya. anehnya memang ada orang seperti ini bagaimana cara berpikir ilmuwan tapi
tidak ilmiah/ tidak logis. coba bayangkan sebuah benda tercipta tampa pembuat.. yang benda itu canggih sekali..
contohnya komputer, handphone, atau yang paling sederhana, sebuah buku, sendok untuk makan,gelas-gelas kaca..etc
tak logis mengatakan itu terjadi sendiri..bahkan saya anggap gila bila ada manusia berpikir semacam itu. tapi
itu hanya menurut saya yang berkeyakinan ganda.maka saya menganggap diri saya orang gila yang sudah sangat parah.
dingin hatiku sudah membeku. itulah pilihan tapi kita selalu memilih yang menjadi pertimbangan terbaik bagi kita;
pertimbangan yang salah; pemahaman yang benar; sungguh benar dan salah
tapi satu keyakinan yang pasti bagi saya hidup ini bukan pilihan tapi sebuah keharusan untuk patuh pada arah yang
benar dan menerima sebuah input (masukan/theory) dan akan menghasilkan output (hasil/nilai akhir) yang memuaskan.
dan di dalamnya/atau ditengah-tengahnya ada prose.itulah ilmu ekonomi yang kemanapun akan tetap eksis di dunia ini
dan tak akan bisa dipisahkan karena dia melekat di dalam emosional programnya. bukan saya katakan tidak penting
ekonomi, tapi jika anda orang ekonom coba anda pikirkan yang paling efektif dan efisien dalam kaitan global
konsep/teori/dasar/hakikat/main map/rancangan/pondasi akan menghasilkan sebuah kreativitas yang bernilai tinggi
disebut dengan budaya; hasil karya cipta manusia yang bernilai (estetika. inilah peran manusia di dunia bagi saya
terangkum dalam semua perbedaan dan kegiatan tapi saya mohon jangan lupakan siapa dirimu dan untuk apa kamu ada
dan diprogram..bukan ekonomi yang melekat di dalamnya ??? saya tertawa terbahak-bahak dalam hati. bukan juga wanita
bukan juga jabatan/leader..juga bukan kesenangan dalam bentuk apapun walau kata orang ini dunia bung..
dunia dan keindahan, kesenangan dan lain sebagainya hanya melekat seperti ekonomi tadi..itulah yang saya pahami
makanya saya ingin terus menulis apa yang saya risaukan.
ini penting sekali, saya akan garis bawahi atau saya katakan titik
nukleus/ titik api/ benang merahnya untuk memahami kehidupan yang masih membingungkan bagi saya
saya akan contohkan; pahamilah baik-baik.baca berulang bila perlu;
lihatlah sebuah robot yang diciptakan manusia, analisalah anda akan menulis atau memikirkan apa yang saya pikirkan
tentunya semua orang berbeda cara bepikir itu wajar, kita harus sepakat prinsip berpikir sama; yaitu kritis
berpikir mendalam, ontology-epistemology-aksiology, intuisi, empirik dan sebagainya..tetap juga
latar belakang dan alam bawah sadar seseorang akan berbeda dalam rasio dan tingkat berpikir.
semua itu tidak menjadi masalah dengan yang saya tulis ini..karena anda saya ajak dalam mimpi dan pikiran
saya layaknya sebuah movie "iblis biru" jika anda seorang maniak film metafisika..
jika anda terbangun dari mimpi saya sudah pasti anda tak perlu memikirkan seperti apa yang saya mimpikan. jika
anda ingin melanjutkannya saya tidak bertanggung jawab dengan mimpi saya dan juga mimpi anda.
kembali ke topik yang tadi
jika tuan menciptakan robot dan jika seandainya diberikan robot itu kebebasan berpikir
maka ia akan salah arah dan akan menjadi senjata pemusnah tuannya atau jika tidak mampu ia akan menghancurkan
diri sendiri atau menyalahi aturan program tuannya atau kemungkinan2 lainya yang sangat bervariasi.hasil dari
imaginasi/imaginer sang robot tapi jika dia tidak
diberikan option/pilihan dalam programnya
maka robot itu tidak unik/ statis tidak dinamis..jadi robotnya kurang sempurna/atau bisa dikatakan robot yang
sesuai untuk sikon dan keinginan tuannya. tapi robot yang ini diciptakan berbeda. khusus diberi pilihan dan
mampu menerima scan memory tinggi yang bisa menghasilkan sebuah kreativitas dan rasioanalnya jalan pemikiran sendiri
yang dibuat dari program tercanggih/ walau satu hal yang kurang yaitu nilai dan rasa/ hakikat dari hidup ini
sang robot tak pernah akan tau.kecuali ia menembus batas-batas aturan larangan kehancuran akan programnya.kenapa
demikian ? karena tuannya menutupi dengan emosianal program. sang robot tidak tau bahwa nilai dan rasa
ada pada emosional programnya itu. sang robot hanya akan terus angkuh dan sombong jika ia memakai scan memory
pilihan yang tinggi/kebebasan/kreativitas dan juga mengunci rapat-rapat nilai dan rasa itu hadir.
karena akan lucu jika robot menangis..dimana kegeniusannya pikiran imaginer sirobot.
tuannya hanya tersenyum, tuannya tak perlu robot bukan karena sudah ada banyak atau lainnya, tapi karena mudah
nya ia menciptakan robot yg sesuai keinginannya. sirobot yg tadi juga tidak akan berpengaruh apa-apa
terhadap tuannya, walau dia menembus batas aturan, menghancurkan dirinya, melakukan kesalahan, melakukan apa
yang tidak diprogram, mengejek programnya sendiri/mengabaikannya,,error program dan sebagainya.ingin melawan tuannya
sayang,banyak sekali kekurangan yang tak mampu sirobot buat dengan hanya mengandalkan scan memory tertinggi
sekalipun.tercanggih sekalipun tetap saja tuannya tau limitnya.karena diciptakan dari kehinaan sebagai objek
ujicoba. walau bukan kehinaan/ uji coba..tuannya tidak akan menciptakan sirobot demikian karena dia tahu
robotnya akan diberi pilihan..boleh apa saja..termasuk menghina atau memfitnah tuannya. jadi karena ujicoba tetap
dipandang hina..jika bukan ujicoba berarti sang tuan menciptakan robot yang suci, patuh pada programnya dan
terhindar dari mistake/trial and error (kesalahan)..tuannya mampu..tetapi sekali lagi tuan ini ingin/sengaja
menciptakan robot yang hina untuk dimuliakan.. jadi tidak ada robot yang mampu menolak keinginan tuannya,, ibarat
ayam potong yang kita pelihara..apakah dia mampu membantah dan tak mau dipotong ketika kita memotongnya.. begitu
juga para robot tak mampu berkata apa-apa pada keinginan tuannya.hanya saja robot yang menemukan air mata tadi
(menemukan program emosianal yang kembar/tak tau mana asli atau palsu.sangat sulit dibedakan) jika juga ditemukan
oleh si robot lalu akan menjadi budaknya yang perlu kasih sayang programnya lagi, terserah tuannya disimpan dimana
key updatesnya diperpanjang atau bisa jadi selamanya karena sudah teruji keasliannya..tau dirinya dan tuannya
walaupun diciptakan dari kehinaan/ujicoba untuk memperoleh tempat disisi tuannya..
yang pasti si tuan tersenyum dengan ciptaannya. ada yang disimpan ada yang dihancurkan si tuan sudah pasti tahu
karena dia yang cipta. sedangkan yang akan di hancurkan atau menanti kehancuranya karena sang tuan
tau akan limit program emosional sang robot, key updates sudah dijalankan hanya menunggu waktu.
sang tuan hanya melihat saja dan mengambil kesimpulan walau sudah tau tapi tetap di uji, diberikan source kodenya
sama seperti pembuat virus.bahkan diberi kebebasan mutlak dalam dua key updates jalannya program..key untuk
mempertahankan/menciptakan diri sendiri atau memperbanyak robot,
menentang/ kreativitas baru menandingi tuannya dan satu lagi key total kehancuran
untuk semuanya yang ingin dimusnahkan.
bukan tidak mampu sang tuan menciptakan robot yang patuh semua sedang dia hina (ujicoba)
tapi hanya sebagai apa Ya ? pikiran saya mengatakan
permainan saja..ya wajar pikiran manusia yang punya limit/batas program emosional..seperti equilibrium
siang malam, kaya miskin, hitam, putih, cacat dan tidak dan sebagainya. tak realistis kalau kita
katakan adil. tak adil kalau kita katakan sama..tapi mereka itu pasangan kesempurnaan atau rantai kehidupan
jika rantai kehidupan putus..kehidupan tak lagi seimbang bisa juga dikatakan tak lagi sempurna.
tapi jadi pertanyaan apakah sang tuan menciptakan kejahatan dalam hati sirobot ? tentu tidak.
tapi kenapa diberikan peluang kebebasan/ hidup adalah pilihan. bukankah tuan berperan dalam menciptakan
kejahatan pada si robot ? benar, analisalah; kejahatan diciptakan robot sendiri, tuan memberikan program
/main menu. semua potensi bisa di kembangkan, robot sendiri yang mengembang kan virus yang menjadi racun
memusnahkan dirinya. tuan mampu membuat robot jahat jadi adil dan logis kalau kita
mengatakan tuhan berperan dalam memberikan kebaikan dan kejahatan si robot/ tuan memberikan kode pontensi segala
arah..bukankah ciptaan itu sangat sempurana walau hina ? bisa jadi.tapi ini sekali lagi
saya katakan ini adalah ujian tingkat. mungkin juga permainan uji coba, tak sanggup saya brmimpi
makanya saya ulangi kata2 ini, limit pemikiran saya mohon maaf,
tapi kenapa tuan harus meguji robotnya padahal dia sudah tau semua programnya ? benar, kalau kita
lihat logikanya seorang prof doctor yg punya seorang murid yang selalu bersama dengannya, dia tau
ilmu muridnya, bahkan hidupnya tidak luput dari penglihatan bpk prof..tapi dia juga akan melakukan ujian untuk
murid satu-satunya itu.bukan karena sang prof tak tau muridnya, bukan juga formalitas, bukan
juga loyalitas muridnya. tapi hanya sebuah nilai-nilai yg sulit dipahami oleh si murid..tapi sangat mudah
bagi bpak prof untuk memberikan nila-nilai itu dan memberikan ujian..
mohon maaf ada yang tertinggal..si robot yang disimpan oleh tuannya karena telah menemukan
hakikat programnya.. kenapa ditemukan karena dia berpikir dan terus mencoba dari yang mungkin maupun tidak
mungkin. konyol kalau robot menangis,aneh, ajaib..tapi itulah imaginasi dan intuisi sang robot
semua itu tak lepas dari arah/ program yang dikembangkan dengan gigih oleh si robot
teory dan pengalaman akan mendewasakan jalan pikiran sirobot.
kenapa robot harus takut menangis ? kenapa robot harus memakan dogma/doktrin mentah-mentah robot yang menciptakan
diri sendiri/ robot keturunan..apakah robot itu mau menambah jejak robot yang telah musnah, melawan tuannya ?
semua itu terserah mimpi-mimpi yang anda takuti atau anda mencari.. buktikan keyakinan anda benar

jangan percaya mitos ! jangan percaya kalau tidak ada bukti kalau belum teruji !
bilapun orang berkata ada hal yang tak perlu dilogikakan, tidak semua hal membutuhkan alasan.
saran saya bagi anda sebagai orang yang belajar dan berpikir buatlah perbandingan keyakinan-keyakinan
yang paling banyak dipercayai orang di dunia ini dan mana yang lebih rasional dan memberikan semua
solusi terbaik dan terlengkap dan perlu digaris bawahi juga jika pilihan agama langit ; mana yang tidak
mungkin ciptaan manusia..? kalau ciptaan manusia agama bumi namanya (memperoleh penerangan/pencerahan).
agama langit identik dengan rasul atau nabi yang diutus tuhan..ataupun tuhan berubah jadi manusia (saya
tidak mau berpikiran seperti itu karena saya anggap manusia hina/ sucipun tidak bisa bersatu dengan tuhan karena
berbeda, saya punya mimpi sendiri kalau yang ini).
misalnya
agama langit: ISLAM;KRISTEN;YAhudi; yang saya tahu cuman tiga ini. mungkin ada bias dalam penetapan tentang
agama samawi oleh beberapa tokoh di dunia dengan kajian ilmiah
agama bumi: Budha;HINDU.dan sebagainya
kenapa saya memilih agama 5 itu karena anda bisa melihat sejarah lahirnya dan pemeluknya yang besar di dunia ini
apa yang dipercaya banyak orang memang belum tentu benar tapi setidaknya kita melahirkan konsep
yang berharga bagi milyaran orang. (hampir semua makhluk berpikir) kembali pada tataran nilai-nilai.
tak perlu mengkaji semua faham (komunis, materializm,rasionalz, helenisme, animisme, dan lain-lain)
karena anda tidak akan sanggup atau jika sanggup anda akan menghabiskan waktu anda semua
hanya untuk mencari saja (proses)tidak ada hasil.
saya selalu bermimpi dunia ini tak perlu diselamatkan, tapi saya juga terus bermimpi dunia ini damai yang
sebenarnya tapi itu tak mungkin terjadi karena rantai kehidupan akan tidak seimbang
tidak ada robot kejahatan tidak ada lagi kebaikan
saya juga terus bermimpi biarkan rantai itu putus yang penting banyak manusia sadar siapa dirinya dan
siapa tuannya walaupun remang-remang tapi dia (manusia) mampu menghargai manusia lain sama dengan
menghargai Kebebasan yang saya kerucutkan (kebebasan individual) tidak mengganggu kebebasan orang lain. karena
semua agama mendukung HAM, buktinya hidup adalah pilihan (kebebasan) tapi mereka tidak sama dalam memahaminya
agama punya konsep masing-masing..yang pasti akan melahirkan cara berpikir yang berbeda. sama seperti kecerdasan
intelektual dan kecerdasan budaya dibandingkan dengan kecerdasan emosional.
diantaranya saya buat perbandingan cara berpikir;
bukan HAM kalau maksiat di depan UMUM
BUKAn HAM kalau telanjang di tempat UMUM
bukan HAM berdisco/music party di tempat umum, dan lain-lain
tempat umum (yang saya maksudkan ada yang tak setuju)
misal HAM volum laptop saya tinggi di kamar saya,tapi mengganggu tetangga saya alasannya HAM kenapa
suara laptop kamu masuk kamar lain..
boleh anda berjudi,merokok, indehoi (suka sama suka), mabuk, telanjang, disco, suka-suka anda dan sebagainya
tapi di tempat anda sendiri (suara dan anginpun tak dapat menyebar ke ruang/tempat orang yang tidak setuju dengan
anda) berbeda jika orang setuju..! karena orang tidak setuju punya peraturan sendiri dan jika dilanggar akan
ada sangsi atau hukuman baik secara lansung atau tidak. bom pikiran atau bom atom akan segera hadir tanpa
memikirkan efek lain dari tindakan itu yang akan memutuskan rantai kehidupan karena manusia tidak punya
keseimbangan rasio (kecuali sudah sadar) ketika programnya sudah dieksekusi..inilah punca perang di dunia ini..
makanya tidak salah jika kita mendengar ada yg berkata agama adalah polemik kehidupan
agama bisa menghancurkan peradaban, agama bisa merubah sikap/attitude 360 derajat bersatu atau
perpecahan/dihancurkan .. kenapa agama yang disalahkan ? padahal agama hanya arah/rambu (petunjuk) mau kemana,
ke jurang atau ke bukit terserah kita.karena manusia masih banyak tidak sadar akan program sang tuan..


hanya ini dulu yang saya tulis
mohon maaf jika banyak kata-kata tidak berkenan
saya menulis ini dari jam 11:26-15:10
by muhammad al idsa
university of theology





inilah tulisan pertama yang saya pikirkan untuk saya posting di web ujicoba saya (miska web)..dan saya akan coba memposting dulu di blogger tentunya.
saya tidak ingin menjadi plagiat, dan saya yakin umumnya kawan-kawan di dunia lain juga berpikiran hal yg sama
cuma karena keterbatasan waktu, susahnya merangkai kata-kata karena pembodohan bahasa oleh zaman sekarang
sangat mengkhwatirkan; media sembrawut (saya tidak katakan semuanya), lagu-lagu aneh (aneh kata-katanya),
cerita dan sinetron serta cakapan sehari-hari yang
makin hari-makin berkembang serta jauh meninggalkan kaedah-kaedah bahasa ilmiah/ filologi . my be masih
ada cara yang dipikirkan efektif oleh sastrawan yaitu sayembara menulis ilmiah, menulis buku-buku dan sebagainya.
makanya sampai sekarang masih terselamatkan. tapi suatu hari nanti bukan tidak mungkin penulisan skripsipun
tidak akan seilmiah sekarang jika tidak sama-sama dijaga.kata menariknya semua hal didunia ini akan binasa yang
membedakan hanya bagaimana kita melestarikan dan menjaganya.

0 komentar:

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Distributed by Blogger Templates